BANDUNG LEUWI PANJANG - SUKABUMI

Bus SANGKURIANG Dari BANDUNG LEUWI PANJANG Ke SUKABUMI


Kelas: Ekonomi AC
Terminal Leuwi Panjang
Terminal Sukabumi
Estimasi Harga:
Rp 30000
(Tarif Terjauh)
Waktu Berangkat:
Setiap 30 menit pukul 05.00 s/d 20.00
(Jadwal dari Terminal Leuwi Panjang)
Telp Agen:
-
Penilaian:
1.13

Bus Jurusan Bandung ke Sukabumi / Sukabumi - Bandung

Trayek Bandung-Sukabumi termasuk trayek ‘basah’, yang artinya penumpang bus di jalur ini lumayan banyak. Trayek ini dimulai dari Terminal Leuwi Panjang Bandung menuju ke Terminal Sudirman Sukabumi dan sebaliknya. Sebenarnya untuk trayek Bandung-Sukabumi dilayani oleh 2 jenis Kelas bus berdasarkan tarif, Yaitu bus dengan fasilitas AC dan EKONOMI NON AC. Bus AC dan EKONOMI NON-AC berangkat secara bergantian dari Terminal Leuwi Panjang maupun dari Terminal Sudirman Sukabumi. Biasanya bus NON AC diberangkatkan terlebih dahulu diikuti bus AC. Pada siang hari, keberangkatan bus berkisar dalam rentang antara 15-30 menit, tanpa menunggu bus sudah penuh ataupun belum, sehingga penumpang tidak perlu menunggu lama. Terkecuali untuk malam hari pemberangkatan bus memang sedikit lebih jarang antara 30-60 menit.

Untuk kelas AC, bus yang melayani trayek ini diantaranya P.O MGI, SANGKURIANG, dan BELA UTAMA. Untuk P.O MGI, sebagian besar bus ini memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2 (2 dikanan dan 2 di kiri), walaupun ada beberapa bus yang memiliki tempat duduk 3-2 namun relatif sedikit. Selain P.O MGI, bus lain yang banyak melayani trayek ini adalah P.O Sangkuriang. Untuk P.O Sangkuriang sebagian besar menggunakan konfigurasi tempat duduk 3-2. Ada pula P.O Bela Utama namun jumlahnya relative sedikit. P.O Bela Utama biasanya juga menggunakan konfigurasi tempat duduk 2-2. Namun Bus yang paling populer yang melayani trayek ini adalah P.O MGI. Menurut Kami, hal ini dikarenakan pelayanan P.O MGI yang relative lebih baik di bandingkan yang lain. Selain kenyamanan tempat duduknya yang sebagian besar dengan konfigurasi 2-2 serta bisa di atur kemiringannya, para awak bus juga menggunakan seragam, serta informasi tarif ditempelkan di setiap bus sehingga menghindari penarikan tarif oleh oknum kondektur yang tidak semestinya.

Untuk bus MGI juga tidak terlalu sering menaik turunkan penumpang karena awak bus tidak di kejar target untuk mendapatkan penumpang sebanyak banyaknya demi keuntungan seperti bus lainnya, sehingga sopir bus juga tidak ugal-ugalan. Armada bus MGI menurut Kami juga paling terawat dan relative lebih baru di bandingkan yang lainnya.

Untuk kelas EKONOMI NON AC, ada banyak P.O yang melayani, diantaranya adalah P.O HIBA PUTRA, P.O Sangkuriang, dan P.O Putra Remaja. Seluruh bus kelas EKONOMI NON AC memiliki konfigurasi tempat duduk 3-2. Kelas NON AC lebih sering menaik-turunkan penumpang dan terkadang memaksakan bus sampai overload. Namun Bus NON AC memiliki tarif yang lebih murah Rp 5000 dari kelas AC. Bus ini juga berangkat lebih awal, bahkan dari terminal Sudirman Sukabumi, bus sudah tersedia pada pukul 03.00 pagi, beda dengan kelas AC yang baru tersedia pada pukul 05.00 pagi. Begitu pula dari Terminal Leuwi Panjang kelas EKONOMI NON AC sudah diberangkatkan mulai pukul 04.00 pagi.

Untuk Anda yang menginginkan kenyamanan, kami menyarankan untuk memilih Bus MGI. Bus ini di berangkatkan bergantian dengan P.O SANGKURIANG dan BELA UTAMA. Namun tidak bisa di pastikan waktunya, tergantung Bus mana yang mendapatkan giliran untuk diberangkatkan terlebih dahulu. Terkadang walaupun terdapat bus selain MGI yang diberangkatkan lebih dahulu, namun di belakangnya terdapat bus MGI yang akan diberangkatkan, para penumpang lebih memilih menunggu untuk naik Bus MGI karena meraka ingin mendapatkan kenyamanan yang lebih baik. Untuk itulah kami menulis bahwa bus MGI paling popular diantara bus lainnya untuk trayek Bandung-Sukabumi dan sebaliknya.

1.13

(rata-rata dari total 8 ulasan)

Silahkan berikan ulasan Anda untuk bus ini

(Ulasan bukan berupa pertanyaan karena tidak akan dijawab)

Ulasan Pengguna Lain

Herry Purnomo

06 March 2020

1 / 5

Tolong adakan jurusan Sukabumi Cirebon dong

Sepiyanti Wardah

23 January 2020

1 / 5

Bis sering ugal ugalan,trus supir nya pernah sampai beramtem.

No Name

23 June 2019

1 / 5

Kapok

No Name

15 June 2019

1 / 5

Pelayanan buruk. Tarif tidak jelas. Tidak seperti kompetitornya MGI

No Name

31 May 2019

1 / 5

Bad. No recomenended bus.

No Name

02 May 2019

1 / 5

Kebanyakan berhenti n lelet supirnya

No Name

06 December 2018

2 / 5

Untuk kelas ekonomi hampir crash ketika sedang macet di Rajamandala sebelum Idul Adha 2018

Setiyo Day

01 November 2018

1 / 5

Ada AC, tapi konfigurasi tempat duduknya 3-2 jadi sempit. dan sering mamaksa menaikan penumpang walaupun sudah penuh. sering ngetem pula.

ketiwi.com