KEUANGAN

Tips Hidup Tenang, Bahagia, dan Berkecukupan untuk Milenial

Tips Hidup Tenang, Bahagia, dan Berkecukupan untuk Milenial
Artikel ini berisi tentang beberapa tips agar hidup Kamu para Milenial menjadi Tenang, Bahagia, dan Berkecukupan yang dapat Kamu praktekan dalam kehidupan Kamu dan Sekeluarga sehari-hari.
Dalam menjalani kehidupan ini, tentunya akan ada banyak kejadian baik itu kesenangan, maupun kesedihan. Dalam menyikapinya tentunya kita harus menata hidup kita dengan baik agar kita tidak terjerumus dalam kesengsaraan, atau bahkan melakukan hal-hal negatif yang justru akan memperburuk hidup kita. Tips-tips berikut merupakan pengalaman Saya sendiri yang saya lakukan beberapa waktu belakangan ini dan sukses membuat saya hidup lebih tenang, lebih Bahagia, dan berkecukupan. Mungkin tips-tips ini tidaklah sempurna, namun tidaklah salah Kamu untuk mencobanya. Berikut tipsnya:

Bangun Lebih Pagi

Untuk mendapatkan kebaikan-kebaikan dalam hidup, tentunya kita harus mengawalinya pula dengan hal-hal yang baik. Apa yang Kamu lakukan pertama di pagi hari dapat menentukan mood Kamu di hari tersebut, bahkan lebih jauh jika dilakukan dalam jangka panjang akan sangat mempengaruhi hidup mu. Bangun lebih pagi selain membuat badan dan pikiran lebih sehat, juga memberi banyak waktu kepada Kamu untuk melakukan lebih banyak hal-hal yang bermanfaat seperti mengawali dengan beribadah, berolahraga, memulai pekerjaan, atau sekedar menghirup udara segar di luar rumah akan membuat hati Kamu lebih tenang dan segar. Tidak percaya? Coba lakukan saja deh…


Sayangi Orang Tua dan Mertua

Orang tua adalah orang yang melahirkan, membesarkan, dan mendidik kita sampai kita dewasa. Membuat hati orang tua Bahagia akan membuat hati kita bahagia pula. Apalagi jika orang tua turut mendoakan kita yang baik-baik, masa sih Tuhan tidak mengabulkan? Menyayangi orang tua dapat dilakukan dengan memberikan perhatian dengan intens berkomunikasi atau mengunjunginya, membantu ekonomi orang tua, mendoakannya, mendengarkan nasihat-nasihatnya dan tidak durhaka kepada mereka. Jika kamu sudah menikah, menyayangi Mertua juga sama pentingnya. Mertua adalah orang yang melahirkan , membesarkan, dan mendidik pasangan yang menemani kamu saat ini. Coba kamu perhatikan ada tidak orang sukses di dunia ini yang tidak menghormati dan menyayangi orang tua atau bahkan memusuhi ? Tentunya sangat sedikit atau bahkan tidak ada. Makanya jangan pelit kepada orang tua dan mertua ya gaes…!!!


Keluar dari Zona Nyaman 

Jika kamu ingin lebih sukses dimasa depan, kamu tidak boleh berleha-leha dan terlalu nyaman dengan keadaanmu saat ini. Kehidupan itu berputar dan terus berubah, jika kamu tidak mengikutinya, tentunya kamu akan ketinggalan. Pekerjaan yang saat ini menghasilkan banyak uang, mungkin di masa depan akan digantikan pekerjaan-pekerjaan baru lainnya. Dan Ketika saat itu tiba dan kamu belum siap, kamu akan ketinggalan, serta kehilangan peluang dan momentum untuk meraih kesuksesan. Berfikirlah tentang apa yang akan kamu lakukan 5-10 tahun kedepan, apa yang akan menjadi trend di masa depan, bukan hanya hidup untuk hari ini dan esok. Belajarlah hal baru, cari sumber penghasilan baru, mulai bisnis baru, hobi baru,  yang membuatmu terus berkembang.


Menabung dan Berinvestasi

Jika kamu sudah memiliki penghasilan, kamu harus mulai menyisihkan penghasilanmu dengan menabung. Lawan dari menabung adalah berhutang, maka Kamu sebisa mungkin harus menghindarinya, terutama hutang untuk hal-hal konsumtif atau hanya untuk memenuhi gaya hidup. Tapi hanya menabung itu tidak cukup untuk membuatmu kaya dan sukses, karena uang yang kamu tabung semakin lama akan semakin menyusut nilainya. Solusinya adalah kamu harus mulai belajar berinvestasi. Di masa sekarang ini, dimana teknolgi sudah semakin berkembang, investasi sangat mudah dilakukan. Jika kamu memiliki uang banyak, investasi dapat kamu lakukan dengan membeli Tanah,  Aset, Waralaba, atau tempat usaha. Namun jika uangmu belum cukup, kamu bisa memulai dengan membeli reksadana, saham, maupun emas. Beli reksadana, saat ini sudah bisa dilakukan secara online, dan cukup dengan 100.000 rupiah kamu sudah bisa mulai berinvestasi.


Bersedekah

Coba kamu sebutkan orang nomor satu terkaya di dunia, kedua, dan ketiga. Jika kamu membaca tentangnya pasti mereka semua gemar berbagi harta mereka atau bersedekah. Besedekah membuat hidup kamu lebih Bahagia, dan merasa tenang dalam menjalani hidup. Banyak orang yang bingung mencari kebahagiaan, padahal membuat orang lain bahagia adalah sumber kebahagiaan itu sendiri. Dengan berbagi, maka Kita turut membantu kesusahan orang lain, setelahnya hati kita akan merasa lebih bahagia karenanya, ga percaya? Lakukan saja…


Berdoa dan Tingkatkan Ibadah

Setelah semua tips diatas kamu lakukan, sempurnakan dengan Doa dan Ibadah. Berdoalah kepada Alloh untuk mewujudkan impian-impian kamu. Karena sebanyak apapun usaha yang kita lakukan, namun tanpa ada kehendak-Nya, hal yang kita inginkan tidak akan terjadi. Tingkatkan pula ibadah kita sehari-hari, dengan demikian hati kita akan menjadi lebih tenang. Jadilah orang baik maka kebaikan juga akan menghampiri kita.

Demikian pembahasan kami mengenai tips hidup tenang, bahagia, dan berkecukupan untuk milenial. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share agar semakin banyak yang bisa merasakan manfaatnya.


Scroll to Top