TRANSPORTASI

Tips Menghindari Calo di Terminal Purabaya Surabaya

Tips Menghindari Calo di Terminal Purabaya Surabaya
Artikel ini berisi tentang tips menghindari calo di terminal Bus  terbesar di Surabaya yaitu Terminal Purabaya. Artikel ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi penulis pada saat melakukan perjalanan melalui terminal Purabaya Surabaya menuju Yogyakarta di sekitar tahun 2019. Sudah menjadi rahasia umum jika terminal Purabaya ini sangat banyak Calo nya, bahkan kalau menurut saya Terminal ini adalah Sarang nya Calo. Tidak Jarang calo-calo di terminal ini sering memaksa penumpang untuk membeli tiket yang harganya sudah dinaikan sekitar 30%-50% dari harga normal. Dan yang paling miris adalah Calo-Calo di terminal ini bebas berkeliaran, memakai seragam, berpakaian rapih, bahkan ketika saya membeli tiket di loket resmi pun, ternyata penjualnya calo juga dengan seragam bertuliskan Po Bus yang akan saya naiki. Untuk itu saya tergerak untuk menulis artikel ini agar pengalaman saya bisa menjadi pelajaran bagi para pembaca agar tidak terkena Calo di terminal Purabaya Surabaya. Simak Tipsnya berikut:


Cari Info Bus Sebelum Berangkat

Tips pertama adalah Anda harus mencari info bus sebebelum berangkat, apa nama busnya, berapa tarif normalnya, jam berapa jadwal berangkatnya, bagaimana gambar bus nya, dan yang paling penting di lajur berapa bus tersebut berangkat melalui terminal. Di terminal Purabaya bus-bus di pisahkan dengan lajur-lajur sesuai dengan jurusan bus tersebut. Bahkan lajur kelas bus pun dibedakan antara yang ekonomi maupun non ekonomi. Anda dapat mengetahui semua info ini melalui pencarian di situs jadwalbis.com dengan sangat mudah. Caranya buka situs jadwalbis.com, masukan kota asal (missal Surabaya) dan tujuan Anda, situs akan menampilkan informasi bus lengkap berikut tarif, jadwal, dan di jalur berapa bus tersebut diberangkatkan dari terminal Purabaya. Bahkan foto bus nya pun tersedia sehingga Anda lebih yakin ketika menaikinya. 


Jangan Terlihat Kebingungan

Ketika Anda sudah memiliki info tentang bus yang akan Anda naiki, Ketika sampai terminal bersikaplah santai dan seolah-olah Anda sudah terbiasa memasuki terminal tersebut. Abaikan tawaran dari calo-calo yang menghampiri, terus fokus berjalan menuju ruang tunggu penumpang . Di Terminal Purabaya disediakan tempat duduk ruang tunggu penumpang. Dari ruang tunggu tersebut Anda bisa mengamati dengan jelas bus-bus, serta jalur-jalur bus beserta nama kota tujuan yang dipampang diatas jalur tersebut. Tunggulah sampai bus yang Anda cari masuk jalur tersebut, biasanya di kaca bus akan terpampang dengan jelas jurusan bus tersebut, Anda tinggal sesuaikan dengan tujuan Anda. Ketika bus datang, langsung saja menuju jalur dan masuk ke Bus.


Jangan Membeli Tiket di Loket, Langsung Saja Naik Bayar di Atas Bus Pada Kernet Bus

Loket di terminal Purabaya sepertinya hanya pajangan. Loketnya bagus, terlihat resmi, bahkan ada tulisan nama-nama perusahaan Bus, namun ketika Anda datangi biasanya langsung diserbu calo sebelum anda berbicara ke agen yang sebenarnya. Di depan loket tersebut sangat banyak calo-calo berkeliaran bahkan memakai seragam Resmi seolah-olah itu dari agen bus, padahal bukan. Calo akan aktif bertanya sehingga Anda akan lebih terfokus kepadanya daripada ke Agen yang sebenarnya, nah disitulah saya tertipu. Saya kira calo tersebut adalah pekerja agen resmi, jadi saya membeli tiket ke orang tersebut. Kemudian orang tersebut berkomunikasi dengan agen yang sebenarnya, meminta tiket resmi dan memberikan ke saya. Saya sadar tertipu calo Ketika saya mengobrol dengan teman sebangku diatas bus, ternyata tiket yang saya beli sudah dinaikan 30%! Dan ternyata penumpang lain yang sudah paham,  banyak yang membayar tiket langsung ke Kernet Bus di atas bis. Tidak perlu ke agen tiket terlebih dahulu.


Jangan Bertanya ke Sembarang Orang, Banyak Calo Berseragam

Hal ini sangat penting. Jika Anda perlu bertanya sesuatu, tanyalah ke petugas berseragam Dishub di terminal Purabaya. Biasanya seragamnya berwarna biru, bukan warna-warni seperti yang dikenakan para calo. Anda perlu teliti karena calo-calo di terminal ini sungguh professional. Pakaiannya rapih, bersih, memakai sepatu, baju dimasukan, sangat jauh dari kesan kumel atau preman. Ketika Anda terlanjur bertanya ke Calo, dan terlihat kebingungan, maka anda akan termakan rayuan untuk membeli tiket dari calo tersebut. Sangat susah untuk menolak, karena Anda akan ditakut-takuti dengan berbagai macam hal misalnya tidak akan diperbolehkan masuk terminal tanpa tiket, dan sebagainya, padahal itu bohong. 


Datanglah Sesuai Jadwal Keberangkatan Bus

Anda perlu memeriksa jadwal keberangkatan bus pada situs jadwalbis.com, dan datanglah pada waktu-waktu tersebut, jangan terlalu awal, jangan juga terlalu mepet nanti malah ketinggalan. Dengan datang tepat waktu, maka waktu tunggu pun tidak terlalu lama sehingga Anda langsung bisa naik ke bus yang Anda inginkan


Berdoa Sebelum Memulai Perjalanan

Tips terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah berdoalah sebelum berangkat. Dan pastikan jangan sampai ada barang yang tertinggal.
Demikian tips-tips menghindari calo diterminal Purabaya Surabaya. Semoga tips ini bermanfaat dan perjalanan Anda menyenangkan. Jika Anda suka Artikel ini, sebarkan artikel ini agar lebih banyak yang merasakan manfaatnya. 


Scroll to Top