KEUANGAN

Tips Masuk PPS BRI

Tips Masuk PPS BRI Image Source: https://cdn2.tstatic.net/tribunnews/foto/bank/images/lowker-bri.jpg

Pengalaman ini saya alami pada saat mendaftar PPS BRI sekitar bulan November 2013 di Kanwil BRI bandung. Pada saat itu saya mendaftar sebagai calon peserta PPS-IT BRI, yaitu untuk bidang Teknologi Informasi. Sebenarnya ada bidang lain yang ditawarkan dalam program PPS yaitu PPS Audit, Umum, dan IT, proses seleksi dari ketiga program tersabut sama, hanya saja untuk PPS IT ada tambahan tes tulis bidang IT.

Berikut tahap-tahap seleksi beserta tipsnya:

Tahap Wawancara Awal

Pada tahap wawancara awal, dilakukan cukup singkat, kami ber-3  dipanggil masuk ruangan secara bersama-sama, dan dihadapkan dengan 1 orang pewawancara. Pertanyaan yang diajukan:

  • Silahkan perkenalkan diri anda? kita disuruh memperkenalkan diri satu persatu, deskripsikan diri anda dengan lengkap dan jelas, lebih lengkap dari pada yang lain itu lebih bagus.
  • Apa yang anda ketahui tentang BRI? Apa saja produk BRI yang anda ketahui? Untuk melewati tahap ini setidaknya kita sudah membaca tentang BRI, beserta produk2 BRI apa aja, nah disini pewawancara memancing kita, misalkan ditanya produk BRI apa saja, kemudian kita menjawab missal Kliring, nanti pewawancara akan menanyakan lebih lanjut apa itu kliring, dan sebagainya yang berhubungan dengan itu.Tipsnya adalah jawablah pertanyaan dengan istilah yang sudah kita paham betul artinya. Atau pancing pewawancara untuk menanyakan hal yang sudah kita ketahui misalkan kita sudah tau tentang sms banking, maka pancing pewawancara untuk menanyakan tentang hal itu

Hanya seputar kedua hal tersebut diatas yang ditanyakan pada tahap ini, namun menurut pengalaman saya  yang berhasil melewati tahap ini terdapat tips tambahan yaitu:

  • Usahakan menjawab pertanyaan dengan lancar, tidak terbata bata, hindari grogi, berlatihlah didepan cermin.
  • Usahakan menjawab pertanyaan lebih dari peserta yang lain, misalkan peserta lain mengenalkan diri cukup singkat, kita boleh memperkenalkan diri lebih lengkap dari pada peserta lain, sehingga kita akan mendapat nilai plus.
  • Pada tahap ini, saya paling sedikit ditanya oleh pewawancara, karena saya salah menyebutkan ‘Bank BRI’ menjadi ‘BANK MANDIRI’, tatapi saya tetap tenang dan berusaha meminta maaf dengan kata kata yang sopan, saya juga sempat tidak bias menjawab pertanyaan apa itu kliring. Awalnya saya menduga bahwa saya tdk akan lolos,  Kedua peserta yang wawancara bareng saya menjawab pertanyaan dengan terbata-bata dan grogi, dan mereka tidak lolos, saya yang lbh sedikit ditanya malah lolos, disini dapat disimpulkan bahwa pewawancara menilai tentang bagaimana kita menjawab, bukan jawaban kita. Kalau tidak tahu jawab saja tidak tahu, jangan membuat jawaban sendiri yg mkin salah.

Tahap Tes Psikologi dan Bahasa inggris

Tahap ini cukup melelahkan, karena dilakukan pada hari yang sama, pagi hari dilakukan tes psikologi, lalu setelah itu peserta dimiinta menunggu, dan kemudian diumumkan peserta yang lolos untuk mengikuti tes bahasa inggris dihari yang sama, lalu kemudian ada wawancara psikologi di sore harinya.
  • Tes Psikologi

Tes psikologi dilakukan sama seperti tes psikologi pada umumnya, ada tes menggambar pohon, meneruskan gambar, dan tes hitung(pauli kraepelin). Tipsnya adalah harus istirahat cukup pada malam sebelumnya, jangan begadang, sehingga pada saat melakukan tes ini pikiran kita lebih fresh, jangan lupa pula untuk sarapan pagi sebelumnya.

Tes Gambar pohon: pada tes gambar pohon, berlatihlah sebelumnya, kita cari referensi gambar pohon kayu yang bagus, lalu kita berlatih menggambarnya,

  • gambar harus proporsional, tidak terlalu besar tidak pula terlalu kecil.
  • Gambarlah daun satu persatu, namun ingat kita memiliki waktu terbatas, namun jangan menggambar daun secara instan
  • Apabila masih ada waktu, tambahkan seperti buah, atau ayunan, atau tanaman lain seperti rumput ilalang, hewan seperti ayam atau burung. Ini menunjukan kalau kita kreatif, inovatif, melakukan pekerjaan lebih dari yang ditugaskan.
  • Jangan sampai ada ranting pohon yang terbuka, semua harus tertutup.
  • Jangan ada ranting pohon yang terpotong.

Tes meneruskan potongan  gambar: pada tes ini kita juga perlu berlatih diinternet, cari potongan gambar diinternet, lalu berlatihlah menggambar dirumah, sehingga pada saat tes kita tidak perlu bingung lagi mau menggambar apa dari potongan terssebut karna kita sudah berlatih sebelumnya, berikan gambar sekreatif mungkin.

  • untuk bentuk dasar lengkung hendaknya kita mnenggambar makhluk hidup.
  • Untuk bentuk dasar garis lurus hendaknya kita menggambar benda mati.

Tes hitung(pauli kraepelin)

  • Jangan sekali kali mencoba curang, karna pemeriksa akan tau dari konsistensi hasil yang kita berikan
  • Bekerjalah efektif dan efisien, jangan semangat diawal, namun ngedrop diakhir. Jagalah performansi kita agar tidak terlalu menurun diakhir.

Tes Bahasa Inggris

Pada tahap tes bahasa inggris, kita dihadapkan terhadao 100 soal pilihan ganda. Ada 2 tipe soal yaitu tentang listening dan reading.

Listening

  • Tipe soal pda bagian listening kebanyakan adalah untuk setiap nomor kita diberikan suatu gambar, lalu kemudian di audio dibacakan soal beserta pilihan jawaban yang paling mendeskripsikan gambar yang dimaksud.

Reading

  • Bagian reading hampir sama seperti kalau kita tes toefl

Menurut saya, Tingkat kesulitan tes bahasa inggris pada seleksi PPS BRI tidak lebih tinggi dari pada tes toefl. Jadi tips dari saya adalah kita bias belajar mengerjakan tes tes toefl. Banyak referensi di internet.

Tes Wawancara Psikologi

Pada wawancara psikologi tidak banyak pertanyaan yang diajukan. Diantaranya adalah:

  • Perkenalan diri dan latar belakang keluarga, pendidikan, pekerjaaan kalau ada.
  • Prestasi tertinggi yang pernah diraih sebelumnya, tunjukan prestasi terbaik yang pernah kita raih, apabila tidak ada coba dipikirkan lagi apapun itu walaupun mkin terlihat sepele missal menang lomba 17 atau apa saja yang menunjukan kelebihan kita.
  • Renking pada saat SD,SMP, SMA, dan IPK pada saat kuliah.
  • Ditanya apakah pernah mempunyai usaha atau kegiatan atau menciptakan produk yang menghasilkan uang.
  • Kesediaan penempatan didaerah.

Tips melewati tahap ini adalah jawablah dengan meyakinkan, jangan grogi, dan dengan jujur. Jangan berbohong mengenai prestasi yg kita raih karena pewawancara itu psikolog dan mengerti apakah ada indikasi kebohongan atau tidak.

Tahap Tes Wawancara akhir dan tes tulis(Untuk PPS IT)

Pada wawancara akhir hal hal yang ditanyakan adalah:
  • Perkenalan diri, latar belakang keluarga, pendidikan, pekerjaan kalau ada
  • Di lihat data nilai dari transkrip kita, lalu dilihat, nilai rendah itu di dapat di mata kuliah apa, lalu pewawancara menanyakan hal hal mengenai mata kuliah tersebut.
  • Pada saat kuliauh apa judul skripsi yang diambil, inilah yang memakan waktu paling lama di wawancara ini, kita disuruh menjelaskan tentang skripsi kita dari awal sampai akhir sampai pewawancara benar benar mengerti, lalu apa kegunaan dari skripsi kita itu, apakah cukup bermanfaat di dunia nyata atau enggak.
  • Untuk jurusan IT disuruh untuk membuat algoritma sorting, ditulis di depan, lalu suruh di jelaskan tahap tahapnya ke pewawancara, ada pula rekan saya yang disuruh membuat ER-Diagram.
  • Terakhir adalah pertanyaan kenapa kita pantas dipilih, apa kelebihan dari para pelamar yang lain.

Tahap Tes Kesehatan

Untuk tahap ini belum saya alami karena masih menunggu hasilnya ya gaes. Nanti ketika sudah ada hasilnya akan saya tulis kembali disini.

Tahapan tes ini sesuai yang saya alami ya gaes, mungkin tahapannya saat ini bisa saja berubah.

 



Scroll to Top